Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta-Part5


ketika seorang gus ketikung cinta part 5


Gus jalal pun berpisah dengan gus umam di persimpangan, akhirnya gus jalal pun pulang ke pondoknya sendiri, memasuki gerbang ponpes dan langsung menuju rumahnya.

Di depan pintu, gus jalal pun mengucap salam... Assalam mu'aikum ...

Wa'alaikum salam warohmatulloh... (terdengar suara merdu dari dalam rumah, dan ternyata itu adalah suara ibundanya gus jalal, bu nyai Nurifatul Afifah setelah menjabat tangan dan mencium tangan ibundanya, gus jalalpun bertanya.

Jalal = abah teng pundi buu?

Bu nyai = abah mu di ajak Yai Fatih ke pekalongan bagus...

Kok tumben nanyain abah?

Jalal = mboten nopo-nopo ibu, lha jadi kyai iku gak enak ya buu?

Bu nyai = huuuusssttt, mboten pareng sanjang kados ngaten bagus cilik.

Jalal = kyai, ngurusi santri, ngurusi umat, sampek anak e lan garwone mboten kaurusan... lha terus, ingkang ngurusi kyai-kyai niku lho sinten tho bu?

Bu nyai = iku wes konsekuensi ne tho bagus,,,, seperti ibu mu ini ya harus sabar dan juga gak boleh terlalu menuntut sama abah mu, abah mu juga sudah banyak urusane.

(Ucap bu nyai nurifatul afifah sambil mendekap putra kesayangannya)

Jalal = mugi-mugi barokah sedoyone bu.

Bu nyai = amin ya robbal 'alamin....

Bagus sampun maem dereng?

Jalal = dereng maem bu, mau mandi dulu, habis itu mau asharan dulu bu.

Sehabis sholat ashar gus jalal pun bergegas menuju ruang tamunya, yg hanya beralaskan karpet tanpa meja kursi, dia mendapati ibundanya yg sedang muroja'ah.

Pas bu nyai afifah membaca ayat


........ يَعْتَذِرُوْنَ اِلَيْكُمْ اِذَا رَجَعْتُمْ اِلَيْهِمْ

Wah, juz sebelas ini, nyimak aaahhhh.... lalu gus jalal pun seperti kebiasaannya kalau lagi di rumah jika bu nyai lagi murojaah, maka gus jalal akan tiduran dekat ibundanya sambil bantalan kaki/betis ibundanya, lalu dengan mata terpejam gus jalal menikmati senandung keagungan kalamulloh, yg di senandungkan oleh ibundanya..... tetapi tiba-tiba,,,, tubuhnya bergetar hebat ketika ibundanya sampai pada ayat



لَـقَدْ جَآءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ



Tiba-tiba,,, gus jalal berteriak dengan kerasnya

"Ya Rosulallooooooh..."

(teriakan gus jalal ini, akhirnya membuat bu nyai mengakhiri murojaahnya dengan ucapan)

Shodaqollohul 'adhim...

(Lalu, dengan agak terheran, bu nyai pun bertanya)

Bu nyai = baguuus, ada apa nak?

Jalal = mboten wonten menopo2 ibu.

Bu nyai = Rosululloh kenapa nak?

Jalal = mboten ..... mboten wonten menopo2 kok ibu.

Bu nyai = lho,,,, kok ... badan kamu gemeteran begitu, kamu sakit ya nak?

Jalal = mboten ibu, dalem cuma luwe....

Bu nyai = yowes, tak ambilkan maem dulu.

Jalal = dulang njih bu.

Bu nyai = wes gede kok minta dulang buk e tho nak nak....

Lhak besok-besok kalau ibu udah tiada, terus bagus minta dulang siapa?

Jalal = ampun sanjang ngaten tho buk...

Bu nyai = mangkane dang di khatam ke qur'ane, dang ngaji sing tenanan, dang nikah, biar gak manja sama ibuk e wae... gus.. gus... masak mondok kok pindah2 terus tho bagus cilik... bagus cilik....

Jalal = he he he

----------------

Malam itu, Setelah buyaran kajian kitab tafsir munir, gus jalal pun mencari sahabatnya Khoirun Ni'am atau biasa di panggil Blawonk akhirnya ketemulah blawonk di depan, gothak an.

Jalal = wonk, blawonk...

Ni'am = injih gus, wonten nopo ?

Jalal = melok aku, ojo lali buat kopi 1 teko, tak tunggu di tempat biasae yo.

Ni'am = ????? waduh, alamat melek'an iki...

Jalal = sini-sini wonk, aku arep curhat

Ni'am = curhat nopo gus?

Jalal = misalnya , kamu di suruh antar surat cintanya Kang ilham buat mbak Ningrum, terus ternyata mbak ningrum jatuh cintanya sama kamu bukan sama kang ilham, dan sebenernya kamu juga ada rasa yg sama dengan ningrum selama ini, terus, kira-kira bagaimana sikap kamu wonk....?

(Sambil tepuk jidat dan geleng-geleng kang ni'am pun menjawab)

Ni'am = wes... gawat-gawat ... ruwet-ruwet gus.... gak bisa ngapa-ngapain aku.

Jalal = yowes ora usah misalnya... ternyata, ayu ningrum cinta tenanan nuw piye?

Ni'am = biyuh biyuh... ojo baperi aku gus... ayu ningrum itu primadona ne santri putri pondok mriki gus.... ora pantes kangge kulo, pantese malah kaleh jenengan gus....

Jalal = aku khan cuma bilang misalnya tho tadi woooonk.

Ni'am = tapi di hati kroso sengkring gus...

Jalal = ha ha ha...

(Lalu gus jalalpun menceritakan kejadian siang tadi ke sahabatnya, antara dirinya, gus umam dan nabila.

Kang ni'am cuma mlongo, dlongop dan godeg-godeg saja)

Jalal = piye wonk?

Ni'am = wes... gawat2... ruwet2 gus.... sampek ora nutut pikir ku....

Jalal = lha aku kudu piye wonk????

Ni'am = wes gini aja gus, mending sama ayu ningrum mawon tho gus... Aku lebih setuju dan menurut ku yo cocok lah gus kaliyan jenengan....

Ayu ningrum niku piyantune Uuuuuuuuayu nothok puol, puinter, puasa senin kemis istiqomah, tahajjude mudawamah, juara 1 lomba qiro'ah, juara bertahan lomba kajian kitab kuning...

Wes tho, jenengan maturo abahe, wes tho.... lancar-lancar... beres-beres.... jenengan tinggal blunas blunus thok pokok e...

Jalal = mbok mbok mbok,,, sampek sakmono anggon mu nyelidiki....

Ha ha ha...

Ngene lho wonk, ayu ningrum iku wes tak istiqorohi, wes tak takoke Yai mansur lan Romo yai imam rofi 'i, jarene kok ora gathuk i wonk ?

Ni'am = lho, istiqoroh iku di saat kita mau mengenal, pas berkenalan, atau sudah ada hubungan tho gus sae ne....

Jalal = kalau menurut aku/menurut tafsiran saya, ya pas kita mau mengenal lebih dekat di istiqorohi dulu, jare nihayah (endinge) iku gumantung bidayahe (mulaine) tho wonk...

Ni'am = terus, kalau neng nabila itu gimana gus?

Jalal = kalau soal cantik, lebih cantikan ayu ningrum wonk, cumaaaaaa, aku merasakan ada hal yg istimewa tersembunyi pada diri nabila, tetapi, yo arep tak takoke disik dumateng romo yai imam rofi'i, soale minggu depan aku arep balik menyang pondok wonk...

Ni'am = lha iyo, kyai-kyai iku kok lucu-lucu gus, mosok putrone kiyambak malah di pondok ne adoh2, bukan malah di pondoknya sendiri

Jalal = mungkin biar gak gemagus dan lebih dewasa serta bijak dalam menyikapi hidup ini... terkadang, orang hanya tua dengan umur tetapi kanak-kanak dalam penyikapan...

Ni'am = injih gus..

Jalal = yoweslah, ojo crito sopo-sopo masalah iki mau.... awas crito, tak pedhot anu mu.... saiki pijetono aku wonk, karo buka'en fb mu, tak injenge neng nabila lagi lapo, gawe hp ku wae yo, soale aku reti hp mu mbok singgah ne tho...

Ni'am = biyuh, ancamane beraaaattt.... injih gus, nderek aken.... gus, neng nabila tak add e dulu yo... belum berteman iki...

Jalal = ok, di tunggu karo udud, ojo lali kopi ne gowo rene wonk....

Ni'am = gus, gus... sampun di comfir, tak delok e setatuse..... wuiiiiih puitis banget gus statuse, ini kata-kata setatusnya:

Tiada kata seindah do'a

Tiada rasa semanis cinta

Tiada sapa seanggun senyum

Tiada suara semerdu lagu

Tiada kebahagiaan ku tanpa diri mu

Seandainya engkau tahu

Setiap keindahan kata2 ku

Ku tulis hanya untuk mu…

Seandainya engkau mengerti

Bait-bait puisi ku adalah luapan isi hati

Seandainya jiwa mu tersentuh

Tanpa mu aku begitu rapuh


Menjerit

Tetapi tak terasa sakit

Apakah rindu ini yg semakin menghimpit



Pejam

Tetapi yg ku lihat hanya kelam

Apakah rasa sayang ini yg teramat dalam



Engkau

Serasa di sini

Tetapi tak kuasa ku sentuh jari

Apakah aku sedang bermimpi



Resah

Tetapi tak terasa gelisah

Apakah mencintai mu itu salah



Penat

Saat cinta tak kunjung jawab

Apakah aku yg terlalu berharap



Meski lelah

Ku coba menunggu

Saat senyum mu hiasi hari

Saat wajah mu tergambar dalam bingkai hati



Bilakah kasih ini mulai bicara

Ku berharap sebuah keajaiban cinta

Menyatukan kita sampai ke syurga



Ni'am = komentari gak gus?

Jalal = komentarono ngene


Aku bukanlah orang yang bijak

Sebijak Abu bakar as shidhiq

Ujung tombaknya bani tamim


Aku bukanlah orang yang tangguh & faruq

Seperti Umar bin khotthob

Singa padang pasirnya bani adi


Aku bukanlah milyader yg lemah lembut dan tawadhu'

Seperti Usman bin affan

Taj mahalnya Bani Umaiyah


Aku juga bukanlah orang gentle & 'alim

Seperti Ali bin abi tholib

Ksatria bani hasyim


Aku hanya orang biasa

Yg mengharapkanmu

Jadi penyempurna hidup ku


Ni'am = gus gus , di inbox gus.

Jalal = apa katanya?

Ni'am = katanya: "ini sinten njih, kok kata-kata e mirip dengan orang yg sangat aku kenal".

Balesi mboten gus?

Jalal = wes gak usah wonk

Ni'am = gus.... gus ... iki ada yg komentarin lg gus, nama akunnya zulfaqor, dia bilang "yang sabar yach neng , Alloh tau yg terbaik untuk mu ".

Picprofe m, gawe photo kitab Irsyadul ikhwan gus,,,, syech ihsan dahlan al jampesi kediri...

Jalal = sampul kitab bagian duwur ada tulisan kaligrafine gak ??? pake' pensil??

Ni'am = injih gus, kok tahu?

Jalal = ooooowh iku gus umam, soale iku mirip kitabe gus umam sak reti ku...yoweslah, tutupen fb mu, matikan hp ne, marilah kita nikmati hidup ini, setidak e masih bersama dengan udud dan secangkir kopi...

Ni'am = gus,aku punya solusi, kasus mu mirip dengan kasuse tamune abahe kapanane.. pas, jenengan tasih mondok tenggene mbah yai imam rofi'i.

Jalal = kasus opo iku wonk?

Ni'am = kasuse ngene: "ada 2 orang suami istri, datang kesini, minta solusi abahe, masalahe istrine iki sering di goda sama misanan/ sepupu suamine ini, jadi istilahe, nyenengi bojone uwong...

Lha... Istri ne iki gak punya perasaan apa-apa sama sekali dengan sepupu suamine itu, dia malah merasa terganggu, risih-risih gus maksud e....

Jalal = terus abah sanjang nopo mawon ?

Ni'am = abahe jenengan, Romo Yai Zidnan Ali sanjaaaang...

Sik gus, tak udud disik, gak enak cerito jika gak sama rokokan....


Bersambung....


Baca juga Episode yang lain:






Subscribe to receive free email updates:

Database Alamat Grosir, Distributor Dan Produsen Terlengkap di Indonesia

Daftar isi Ebook database suplier dan produsen rujukan para pebisnis: Kumpulan Alamat Asosiasi Budidaya lkan Tawar dan Perikanan. Kump...

Artikel (36) DOWNLOAD (12) Linux (2) Novel Santri (18) SOFTWARE (10) Tahfidz (15)