Belajar Tajwid Otodidak Via Komputer




Sahabat semuanya, kali ini admin akan membagikan antum semua sebuah software gratis belajar tajwid interaktif dengan menggunakan media komputer. softwarenya ringan karena berbasis flash, keren, dan unik.

Sebelumnya yang perlu diketahui adalah apa definisi dari tajwid itu sendiri, silahkan baca uraian di bawah ini:

Tajwid secara bahasa adalah mashdar dari jawwada-yujawwidu, yang artinya membaguskan. Sedangkan secara istilah, Imam Ibnul Jazari menjelaskan:


الإتيان بالقراءة مجودة بالألفاظ بريئة من الرداءة في النطق ومعناه انتهاء الغاية في التصحيح وبلوغ النهاية في التحسين

“tajwid adalah membaca dengan membaguskan pelafalannya, yang terhindar dari keburukan pelafalan dan keburukan maknanya, serta membaca dengan maksimal tingkat kebenarannya dan kebagusannya” (An Nasyr fil Qira’at Al ‘Asyr, 1/210).

Beliau juga menjelaskan hakekat dari ilmu tajwid,


فالتجويد هو حلية التلاوة ، وزينة القراءة ، وهو إعطاء الحروف حقوقها وترتيبها مراتبها ، ورد الحرف إلى مخرجه وأصله ، وإلحاقه بنظيره وتصحيح لفظه وتلطيف النطق به على حال صيغته ، وكمال هيئته ; من غير إسراف ولا تعسف ولا إفراط ولا تكلف

“maka tajwid itu merupakan penghias bacaan, yaitu dengan memberikan hak-hak, urutan dan tingkatan yang benar kepada setiap huruf, dan mengembalikan setiap huruf pada tempat keluarnya dan pada asalnya, dan menyesuaikan huruf-huruf tersebut pada setiap keadaannya, dan membenarkan lafadznya dan memperindah pelafalannya pada setiap konteks, menyempurnakan bentuknya. tanpa berlebihan, dan tanpa meremehkan” (An Nasyr fil Qira’at Al ‘Asyr, 1/212).


====
Keunggulan software Flash Tajwid ini antara lain:

1. Mudah digunakan oleh segala usia
2. Tanpa install, langsung pakai
3. Gratis
4. Dapat berjalan di sistem operasi Windows
5. Bersih dari virus
====
Baiklah berikut admin paparkan beberapa screenshoots dari windows 10, klik gambar untuk memperbesar tampilan atau klik kanan gambar lalu klik view image.





Subhanallah, keren kan tampilannya...
oke silahkan langsung klik untuk DOWNLOAD  Jangan lupa share ya...

Subscribe untuk menerima pembaruan email gratis:

Artikel (18) DOWNLOAD (13) Linux (4) Novel Santri (1) SOFTWARE (11) Tahfidz (15)